Bagaimana sifat calon presiden yang kamu inginkan? :

Jujur
Tidak Korupsi
Pandai
Sederhana
Berwibawa




Home »  BERANI News » Feature » Kenali Tanda Anak Tumbuh-Aktif-Tanggap!
BERANI News









Jakarta – Usia balita merupakan masa penting bagi proses pertumbuhan dan perkembangan seorang anak. Orangtua pun harus melakukan berbagai upaya optimal agar anaknya bisa Tumbuh-Aktif-Tanggap (TAT) di masa golden age tersebut. Demikian ujar dr. Anna Tjandrajani, SpA(K), saat peluncuran Nestle Dancow Batita dengan Nutri TAT yang dihadiri ratusan ibu dan anak di Kebun Binatang Ragunan, Jakarta, Minggu (17/6).

Menurut dr. Anna, salah satu upaya yang dapat dilakukan orangtua adalah dengan mengenali tanda-tanda TAT. Terutama, pada masa golden age yaitu anak usia 1-3 tahun. Tanda anak tumbuh dapat dilihat dari pertambahan berat badan, tinggi badan, dan lingkar kepala. Di mana orangtua harus memonitor pertumbuhan anaknya agar sesuai dengan umur.

Sementara itu, tanda anak aktif dapat dilihat dari perkembangan motorik kasar dan motorik halus, perkembangan bicara, dan kemampuan sosial. Dr. Anna mencontohkan, perkembangan motorik kasar anak usia 15 bulan ditandai dengan kemampuan berjalan sendiri. Sedangkan perkembangan motorik halus ditandai dengan kemampuan mencoret, memasukkan biji ke dalam botol, melepaskan biji dengan meniru, minum dari gelas sendiri, dan menggunakan sendok. Untuk perkembangan bicara, anak usia 13-15 bulan sudah mampu mengatakan 4-7 kata, di mana kurang dari 20% kemampuan bicaranya dapat dimengerti orang lain. Adapun perkembangan sosial anak usia 12-18 bulan ditandai dengan mulai terlihatnya rasa cemburu dan bersaing.

Tanda anak tanggap sendiri merupakan wujud dari perkembangan kognitif anak yang menunjukkan pengertian dan kemampuan memecahkan masalah. Kemampuan anak dalam hal ini ditunjukkan dengan ketertarikan pada suara dan benda, mencari benda yang dijatuhkan, mengerti benda dan fungsinya, mengerti berbagai bentuk, mengerti warna dan berhitung, serta perkembangan kecerdasan. “Pada anak usia 12-18 bulan, misalnya, kemampuan tanggap ditandai oleh eksplorasi objek dengan cara bervariasi, memecahkan masalah dengan coba-coba, menemukan benda yang disembunyikan di tempat berbeda, mengingat dan meniru mimik, hingga mengelompokkan benda sesuai jenisnya,” jelas dr. Anna.

Ia mengimbau agar orangtua memastikan anaknya bisa Tumbuh-Aktif-Tanggap (TAT) sesuai umur. Orangtua pun wajib mendeteksi dini jika ada kelainan pada anaknya. Misalnya, jika anak mengalami keterlambatan perkembangan selama 3 bulan dari standar perkembangan yang ada, maka sebaiknya anak segera dibawa ke dokter. Selain itu, dr. Anna juga menyerukan agar orangtua memperhatikan nutrisi yang berperan penting dalam mendukung anak TAT.

Dukungan Nutri TAT

Hal senada disampaikan pula oleh Category Marketing Manager Nestle Dancow Growing Up Milk, Pritha. Menurutnya, nutrisi adalah faktor penting dalam mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan anak. Oleh karena itu,Nestle memperkenalkan inovasi terbarunya yaitu Nutri TAT. Ini merupakan nutrisi yang diformulasikan dalam produk Nestle Dancow Batita untuk membantu anak usia 1 tahun ke atas agar dapat Tumbuh-Aktif-Tanggap secara optimal.

Menariknya, Nutri TAT merupakan hasil kajian ilmu pengetahuan dan teknologi Nestle Research Centre, pusat riset Nestle di Laussane, Switzerland. Pusat riset ini didukung lebih dari 1.000 ilmuwan dari berbagai negara. “Nutri TAT terdiri dari makronutrien dan mikronutrien untuk mendukung anak tumbuh, juga energi, zat besi, dan prebiotik inulin untuk mendukung anak aktif, serta minya ikan, asam linoleat (LA), dan asam alpha-linolenat (ALA) untuk mendukung anak tanggap,” jelas Pritha.

Lebih lanjut dr. Anna menambahkan, untuk mencapai pertumbuhan maksimal, anak harus mengonsumsi susu dengan makronutrien dan mikronutrien yang tepat sesuai kebutuhannya. Sebab, makronutrien (protein, karbohidrat, lemak) dan mikronutrien (vitamin dan mineral) mempunyai banyak manfaat. Di antaranya, untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak terhadap berbagai risiko penyakit seperti diare, anemia, infeksi saluran pernafasan bawah, serta dapat memperbaiki status gizi dan pertumbuhan anak. (Teks: ITA/Foto: ITA)















Hai, siapa yang ngefans sama ..[more]


Balonku ada lima, rupa-rupa warnanya. Hijau, ..[more]


Apakah kamu salah satu penggemar dinosaurus? Pengetahuan ..[more]


Teman-teman, di sekolah kalian belajar matematika ..[more]

Yuk, Kunjungi Pameran Bertema Tsunami!
02 September 2014 10:24 / Berani City
Pameran sains bertemakan tsunami mulai digelar di Galeri AJBS, Surabaya, Jawa Timur. ..[more]

Mengenalkan Gulai Lewat Festival
01 September 2014 16:22 / Berani City
Ajang unik untuk mengangkat kembali pamor gulai sebagai warisan kuliner asli Nusantara ..[more]


Tomat Berbentuk Bebek
01 September 2014 14:26 / Berani Online
Wah, ada tomat yang berbentuk seperti bebek! Bahkan tomat “bebek” ini ..[more]

Pelelangan Kue Berumur 33 Tahun
01 September 2014 11:31 / Berani Online
Sepotong kue pernikahan terjual dengan harga 828 poundsterling atau Rp15,7 juta. ..[more]


Rayakan Kemerdekaan dengan Berlari
02 September 2014 11:39 / berani online
Berlari menjadi olahraga yang paling banyak diminati akhir-akhir ini. Olahraga lari ..[more]

Kejuaraan Speed Master Sukses Digelar
02 September 2014 9:39 / berani online
Kompetisi otomotif Kejuaraan Speed Master Seri 2 yang sempat tertunda, akhirnya sukses ..[more]


Eru Dapat Penghargaan dari KBRI
02 September 2014 11:30 / Berani Online
Eru baru-baru ini mendapat penghargaan dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) ..[more]

Diakah Salah Satu Personil Boyband Pesaing 1D?
29 Agustus 2014 10:11 / Berani Online
Wah, bersiap-siaplah One Direction! Simon Cowell kabarnya tengah sibuk membentuk ..[more]


Botol Ramah Lingkungan yang Hemat Tempat
02 September 2014 8:07 / Berani Online
Teman-teman suka bawa botol minum ke sekolah? Seberapa besar botol minummu itu? Apakah ..[more]

Keju Mozarella, Keju Terbaik untuk Pizza
28 Agustus 2014 22:23 / Berani Online
Teman-teman suka pizza? Kalau suka, apakah kalian suka pizza ber-topping keju? ..[more]


Siswa Antusias Ikuti Anak Indonesia Memilih
21 Maret 2014 16:52 / Berani Online
Kegiatan Anak Indonesia Memilih (AIM) di SD Santa Ursula BSD telah memasuki hari terakhir, ..[more]

Masa Kampanye Seru di SD Santa Ursula
19 Maret 2014 16:05 / Berani Online
Acara Anak Indonesia Memilih di SD Santa Ursula Tangerang memang oke banget. Humor ..[more]


Profile | Contact Us | Advertising | Privacy | Masthead | Terms & Conditions | Q & A
Copyright © 2006-2012 Berani. All rights reserved, BERANI® and the BERANI logo are registered trademarks of PT Anugerah Mitra Dharma Grha. powered by Menaravisi
The names of companies and products mentioned herein may be the registered trademarks or trademarks of their respective owners.