Apakah kamu mempunyai idola? Mengapa kamu mengidolakan mereka? :

Karakternya bagus
karya-karyanya
Tingkah lakunya
Fisiknya
prestasinya




Home »  BERANI News » Feature » Kenali Tanda Anak Tumbuh-Aktif-Tanggap!
BERANI News









Jakarta – Usia balita merupakan masa penting bagi proses pertumbuhan dan perkembangan seorang anak. Orangtua pun harus melakukan berbagai upaya optimal agar anaknya bisa Tumbuh-Aktif-Tanggap (TAT) di masa golden age tersebut. Demikian ujar dr. Anna Tjandrajani, SpA(K), saat peluncuran Nestle Dancow Batita dengan Nutri TAT yang dihadiri ratusan ibu dan anak di Kebun Binatang Ragunan, Jakarta, Minggu (17/6).

Menurut dr. Anna, salah satu upaya yang dapat dilakukan orangtua adalah dengan mengenali tanda-tanda TAT. Terutama, pada masa golden age yaitu anak usia 1-3 tahun. Tanda anak tumbuh dapat dilihat dari pertambahan berat badan, tinggi badan, dan lingkar kepala. Di mana orangtua harus memonitor pertumbuhan anaknya agar sesuai dengan umur.

Sementara itu, tanda anak aktif dapat dilihat dari perkembangan motorik kasar dan motorik halus, perkembangan bicara, dan kemampuan sosial. Dr. Anna mencontohkan, perkembangan motorik kasar anak usia 15 bulan ditandai dengan kemampuan berjalan sendiri. Sedangkan perkembangan motorik halus ditandai dengan kemampuan mencoret, memasukkan biji ke dalam botol, melepaskan biji dengan meniru, minum dari gelas sendiri, dan menggunakan sendok. Untuk perkembangan bicara, anak usia 13-15 bulan sudah mampu mengatakan 4-7 kata, di mana kurang dari 20% kemampuan bicaranya dapat dimengerti orang lain. Adapun perkembangan sosial anak usia 12-18 bulan ditandai dengan mulai terlihatnya rasa cemburu dan bersaing.

Tanda anak tanggap sendiri merupakan wujud dari perkembangan kognitif anak yang menunjukkan pengertian dan kemampuan memecahkan masalah. Kemampuan anak dalam hal ini ditunjukkan dengan ketertarikan pada suara dan benda, mencari benda yang dijatuhkan, mengerti benda dan fungsinya, mengerti berbagai bentuk, mengerti warna dan berhitung, serta perkembangan kecerdasan. “Pada anak usia 12-18 bulan, misalnya, kemampuan tanggap ditandai oleh eksplorasi objek dengan cara bervariasi, memecahkan masalah dengan coba-coba, menemukan benda yang disembunyikan di tempat berbeda, mengingat dan meniru mimik, hingga mengelompokkan benda sesuai jenisnya,” jelas dr. Anna.

Ia mengimbau agar orangtua memastikan anaknya bisa Tumbuh-Aktif-Tanggap (TAT) sesuai umur. Orangtua pun wajib mendeteksi dini jika ada kelainan pada anaknya. Misalnya, jika anak mengalami keterlambatan perkembangan selama 3 bulan dari standar perkembangan yang ada, maka sebaiknya anak segera dibawa ke dokter. Selain itu, dr. Anna juga menyerukan agar orangtua memperhatikan nutrisi yang berperan penting dalam mendukung anak TAT.

Dukungan Nutri TAT

Hal senada disampaikan pula oleh Category Marketing Manager Nestle Dancow Growing Up Milk, Pritha. Menurutnya, nutrisi adalah faktor penting dalam mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan anak. Oleh karena itu,Nestle memperkenalkan inovasi terbarunya yaitu Nutri TAT. Ini merupakan nutrisi yang diformulasikan dalam produk Nestle Dancow Batita untuk membantu anak usia 1 tahun ke atas agar dapat Tumbuh-Aktif-Tanggap secara optimal.

Menariknya, Nutri TAT merupakan hasil kajian ilmu pengetahuan dan teknologi Nestle Research Centre, pusat riset Nestle di Laussane, Switzerland. Pusat riset ini didukung lebih dari 1.000 ilmuwan dari berbagai negara. “Nutri TAT terdiri dari makronutrien dan mikronutrien untuk mendukung anak tumbuh, juga energi, zat besi, dan prebiotik inulin untuk mendukung anak aktif, serta minya ikan, asam linoleat (LA), dan asam alpha-linolenat (ALA) untuk mendukung anak tanggap,” jelas Pritha.

Lebih lanjut dr. Anna menambahkan, untuk mencapai pertumbuhan maksimal, anak harus mengonsumsi susu dengan makronutrien dan mikronutrien yang tepat sesuai kebutuhannya. Sebab, makronutrien (protein, karbohidrat, lemak) dan mikronutrien (vitamin dan mineral) mempunyai banyak manfaat. Di antaranya, untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak terhadap berbagai risiko penyakit seperti diare, anemia, infeksi saluran pernafasan bawah, serta dapat memperbaiki status gizi dan pertumbuhan anak. (Teks: ITA/Foto: ITA)
















Kamu mungkin sudah sering menggunakan mesin pencari ..[more]


Tahukah kamu, kalau Indonesia sudah darurat akan ..[more]


Apa yang kamu perhatikan saat kamu membuang sampah? ..[more]


Teman, sadarkah kamu kalau tahun 2015 akan banyak ..[more]

Bila Barongsai Adu Kebolehan
23 Maret 2015 15:02 / Berani Online
Kesenian barongsai ternyata tidak sekadar bersifat hiburan saja lho. Sebabnya, ..[more]

Gerakan Ka Bogoh Bogor
23 Maret 2015 13:23 / Berani Online
Yuk, kita cinta Bogor. Itulah gerakan yang tengah dikumandangkan di Kota Bogor, Jawa ..[more]


Germanwings Jatuh di Pegunungan Alpen
25 Maret 2015 12:55 / Berani Online
Dunia penerbangan internasional kembali mengalami musibah. Pada Selasa (24/3) siang ..[more]

Ngengat Bertelur di Telinga Wartawan
24 Maret 2015 16:10 / Berani Online
Haah…ngengat bertelur di telinga? Yap, peristiwa yang unik dan langka ini ..[more]


Indonesia Kalah Telak
31 Maret 2015 19:04 / berani online
Pertandingan Piala AFC U-23 untuk Grup H sudah digelar sejak Jumat lalu. Grup H yang ..[more]

Indonesia Sukses Raih 3 Gelar
23 Maret 2015 11:08 / berani online
Yes, ada kabar gembira datang dari para pemain muda bulu tangkis Indonesia. Pebulu ..[more]


Aktor Ini Akan Produksi & Bintangi Fraggle Rock
20 Maret 2015 14:03 / Berani Online
Joseph Gordon-Levitt kabarnya akan memproduksi sekaligus memerankan film ..[more]

Richard Madden Pemalu Saat Kanak-kanak
18 Maret 2015 11:19 / Berani Online
Sudah nonton film Cinderella versi terbaru? Kalau sudah, ..[more]


Robot Teman Belanja
20 Maret 2015 17:08 / Berani Online
Siapa yang suka menemani ibu belanja ke pasar? Apakah kamu juga suka membantu membawa ..[more]

Selfie Untuk Pembayaran Online
18 Maret 2015 15:00 / Berani Online
Rupanya sedang dikembangkan metode pembayaran online dengan cara foto ..[more]


Mempelajari Kisah Hidup Lee Kuan Yew
25 Maret 2015 10:54 / Berani Online
Kepergian mantan Perdana Menteri Singapura, Lee Kuan Yew, meninggalkan duka mendalam ..[more]

Murid Sekolah Ini Hanya 13 Orang Lho!
05 Maret 2015 14:25 / Berani Online
SoBer, berapa jumlah siswa di sekolahmu? Pasti ratusan kan jumlahnya. Nah, di dekat ..[more]


Profile | Contact Us | Advertising | Privacy | Masthead | Terms & Conditions | Q & A
Copyright © 2006-2012 Berani. All rights reserved, BERANI® and the BERANI logo are registered trademarks of PT Anugerah Mitra Dharma Grha. powered by Menaravisi
The names of companies and products mentioned herein may be the registered trademarks or trademarks of their respective owners.