Kamu suka membaca, kan? Apa bacaan favorit kamu? :

Koran BERANI
Komik
Novel
Cergam
Majalah
Dongeng




Home »  BERANI News » Feature » Kenali Tanda Anak Tumbuh-Aktif-Tanggap!
BERANI News









Jakarta – Usia balita merupakan masa penting bagi proses pertumbuhan dan perkembangan seorang anak. Orangtua pun harus melakukan berbagai upaya optimal agar anaknya bisa Tumbuh-Aktif-Tanggap (TAT) di masa golden age tersebut. Demikian ujar dr. Anna Tjandrajani, SpA(K), saat peluncuran Nestle Dancow Batita dengan Nutri TAT yang dihadiri ratusan ibu dan anak di Kebun Binatang Ragunan, Jakarta, Minggu (17/6).

Menurut dr. Anna, salah satu upaya yang dapat dilakukan orangtua adalah dengan mengenali tanda-tanda TAT. Terutama, pada masa golden age yaitu anak usia 1-3 tahun. Tanda anak tumbuh dapat dilihat dari pertambahan berat badan, tinggi badan, dan lingkar kepala. Di mana orangtua harus memonitor pertumbuhan anaknya agar sesuai dengan umur.

Sementara itu, tanda anak aktif dapat dilihat dari perkembangan motorik kasar dan motorik halus, perkembangan bicara, dan kemampuan sosial. Dr. Anna mencontohkan, perkembangan motorik kasar anak usia 15 bulan ditandai dengan kemampuan berjalan sendiri. Sedangkan perkembangan motorik halus ditandai dengan kemampuan mencoret, memasukkan biji ke dalam botol, melepaskan biji dengan meniru, minum dari gelas sendiri, dan menggunakan sendok. Untuk perkembangan bicara, anak usia 13-15 bulan sudah mampu mengatakan 4-7 kata, di mana kurang dari 20% kemampuan bicaranya dapat dimengerti orang lain. Adapun perkembangan sosial anak usia 12-18 bulan ditandai dengan mulai terlihatnya rasa cemburu dan bersaing.

Tanda anak tanggap sendiri merupakan wujud dari perkembangan kognitif anak yang menunjukkan pengertian dan kemampuan memecahkan masalah. Kemampuan anak dalam hal ini ditunjukkan dengan ketertarikan pada suara dan benda, mencari benda yang dijatuhkan, mengerti benda dan fungsinya, mengerti berbagai bentuk, mengerti warna dan berhitung, serta perkembangan kecerdasan. “Pada anak usia 12-18 bulan, misalnya, kemampuan tanggap ditandai oleh eksplorasi objek dengan cara bervariasi, memecahkan masalah dengan coba-coba, menemukan benda yang disembunyikan di tempat berbeda, mengingat dan meniru mimik, hingga mengelompokkan benda sesuai jenisnya,” jelas dr. Anna.

Ia mengimbau agar orangtua memastikan anaknya bisa Tumbuh-Aktif-Tanggap (TAT) sesuai umur. Orangtua pun wajib mendeteksi dini jika ada kelainan pada anaknya. Misalnya, jika anak mengalami keterlambatan perkembangan selama 3 bulan dari standar perkembangan yang ada, maka sebaiknya anak segera dibawa ke dokter. Selain itu, dr. Anna juga menyerukan agar orangtua memperhatikan nutrisi yang berperan penting dalam mendukung anak TAT.

Dukungan Nutri TAT

Hal senada disampaikan pula oleh Category Marketing Manager Nestle Dancow Growing Up Milk, Pritha. Menurutnya, nutrisi adalah faktor penting dalam mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan anak. Oleh karena itu,Nestle memperkenalkan inovasi terbarunya yaitu Nutri TAT. Ini merupakan nutrisi yang diformulasikan dalam produk Nestle Dancow Batita untuk membantu anak usia 1 tahun ke atas agar dapat Tumbuh-Aktif-Tanggap secara optimal.

Menariknya, Nutri TAT merupakan hasil kajian ilmu pengetahuan dan teknologi Nestle Research Centre, pusat riset Nestle di Laussane, Switzerland. Pusat riset ini didukung lebih dari 1.000 ilmuwan dari berbagai negara. “Nutri TAT terdiri dari makronutrien dan mikronutrien untuk mendukung anak tumbuh, juga energi, zat besi, dan prebiotik inulin untuk mendukung anak aktif, serta minya ikan, asam linoleat (LA), dan asam alpha-linolenat (ALA) untuk mendukung anak tanggap,” jelas Pritha.

Lebih lanjut dr. Anna menambahkan, untuk mencapai pertumbuhan maksimal, anak harus mengonsumsi susu dengan makronutrien dan mikronutrien yang tepat sesuai kebutuhannya. Sebab, makronutrien (protein, karbohidrat, lemak) dan mikronutrien (vitamin dan mineral) mempunyai banyak manfaat. Di antaranya, untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak terhadap berbagai risiko penyakit seperti diare, anemia, infeksi saluran pernafasan bawah, serta dapat memperbaiki status gizi dan pertumbuhan anak. (Teks: ITA/Foto: ITA)
















Teman tahu tidak hewan apa yang terbesar di daratan? ..[more]


Kamu pernah ke kebun binatang? Hayo hewan apa yang ..[more]


Wah, tidak terasa sudah akhir pekan ya. Kali ini ..[more]


Menyambut Imlek teman, jeruk merupakan makanan ..[more]

Keseruan Gerak Ceria SDN Cipinang
26 Februari 2015 15:27 / Berani Online
Hore! Gerak Ceria bersama Okky Jelly Drink sudah sampai di sekolah keempat. Sudah tahu ..[more]

Pertunjukan Barongsai Bawah Air
22 Februari 2015 13:57 / Berani Online
Wow, pertunjukan barongsai tidak hanya dilakukan di atas tanah saja lho. ..[more]


Kucing Suka Musik Sendiri
27 Februari 2015 15:39 / Berani Online
Wah, ternyata kucing juga suka musik. Hanya saja, musik itu harus tidak berbeda dengan ..[more]

Persahabatan Anjing dan Burung Hantu
27 Februari 2015 14:48 / Berani Online
Persahabatan juga bisa terjalin antarbinatang. Seperti yang diperlihatkan oleh ..[more]


Federer vs Djokovic di Final Dubai
28 Februari 2015 10:02 / berani online
Turnamen tenis Dubai Tennis Championships 2015 sudah memasuki babak final. Menariknya, ..[more]

City Gagal Taklukkan Barca
25 Februari 2015 15:37 / berani online
Rencana untuk menggagalkan kemenangan Barcelona ternyata tak berhasil dilakukan ..[more]


Taylor Swift Sumbang untuk Sekolah!
28 Februari 2015 8:11 / Berani Online
Kegiatan beramal bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk selebritas dunia. Kali ..[more]

Sam Smith Menang Di Brit Awards 2015
27 Februari 2015 15:34 / Berani Online
Tahukah kamu teman, belum lama ini Kota London, Inggris, baru saja menggelar ajang ..[more]


Planet Mars Berbulu?
27 Februari 2015 14:29 / Berani Online
Ditemukan kabut di atas permukaan Planet Mars yang terlihat seperti bulu. Namun, sebenarnya, ..[more]

Pemeriksaan Akun Internet
26 Februari 2015 14:24 / Berani Online
Peringatan! Jangan asal-asalan bikin nama akun internet. Di Tiongkok akan ada pemeriksaan ..[more]


Papan Twitter
23 Februari 2015 15:11 / Berani Online
Selain memperluas pertemanan, media sosial juga bisa dimanfaatkan di dunia ..[more]

Ekskul Seni atau Bela Diri Ya?
20 Februari 2015 15:46 / Berani Online
Apa saja kegiatan esktrakurikuler sekolahmu? Tentu banyak ya! Nah, kalau SD Plus Hang ..[more]


Profile | Contact Us | Advertising | Privacy | Masthead | Terms & Conditions | Q & A
Copyright © 2006-2012 Berani. All rights reserved, BERANI® and the BERANI logo are registered trademarks of PT Anugerah Mitra Dharma Grha. powered by Menaravisi
The names of companies and products mentioned herein may be the registered trademarks or trademarks of their respective owners.