Bagaimana sifat calon presiden yang kamu inginkan? :

Jujur
Tidak Korupsi
Pandai
Sederhana
Berwibawa




Home »  BERANI Kidpreneur »  KidPreneur Activity »  Memilih Partner Usaha
BERANI Kidpreneur

Memilih Partner Usaha
25 Juli 2012

Kehadiran partner atau mitra sangat penting dalam dunia usaha. Mengapa? Sebab, partner turut berperan dalam menentukan keberhasilan sebuah usaha. Nah, bagaimana memilih partner usaha yang baik?

Memilih partner usaha bukanlah hal mudah. Bila diibaratkan, tingkat kesulitan dalam memilih partner usaha sama dengan memilih sahabat. Atau bahkan, jauh lebih rumit.

Teman-teman pasti punya sahabat kan. Saat kalian memutuskan memilih orang itu sebagai sabahat, pasti ia telah memenuhi beberapa kriteria yang telah kalian buat. Misalnya, orang itu sangat peduli terhadapmu, orang itu mengerti karaktermu dengan baik, orang itu menjadi sahabatmu dalam kondisi senang dan susah dan lain sebagainya.

Nah, begitu pula halnya dengan partner usaha. Harus ada beberapa kriteria yang mencukupi agar seseorang bisa menjadi partner usahamu. Lalu, bagaimana memilih partner usaha ideal yang mau bersama-sama mengelola usaha bersamamu baik dalam kondisi untung dan rugi?

Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu pakai dalam memilih partner usaha.

1. Pilih partner yang mempunyai kesamaan visi dan misi

Ini adalah hal terpenting yang harus kamu ketahui. Partner usahamu harus punya visi dan misi yang sama denganmu. Bila tidak, akan sulit bagi kalian untuk meraih kesuksesan.

2. Pilih partner dengan skill yang bisa menutupi kelemahanmu

Tak ada manusia yang ahli di sebuah bidang. Karena itu, partner usahamu hendaknya mempunyai skill yang bisa melengkapi atau menutupi kekuranganmu. Misalnya, kamu mungkin punya skill yang andal dalam public speaking tapi tak cukup piawai dalam hal pembukuan. Nah, partnermu-lah nantinya yang akan menutupi bidang kelemahanmu itu.

3. Pilih partner yang mampu menambah kredibilitas usahamu

Menumbuhkan kredibilitas atau tingkat kepercayaan masyarakat terhadap usaha yang sedang kamu kelola tidaklah mudah. Karena itu, kamu butuh partner yang bisa menciptakan atau menambah kredibilitas usahamu di mata konsumen. Partner yang seperti apa yang mampu melakukan hal itu? Tentu saja partner yang kompeten seperti misalnya punya relasi dan klien usaha yang banyak, paham benar dengan usaha yang dikelola dan sebagainya.

4. Pilih partner yang punya karakter serta etika baik

Partner usaha harus orang yang benar-benar bisa kamu percaya. Maka itu, hendaknya memilih orang yang punya karakter serta etika baik agar kamu terhindar dari sejumlah masalah yang tak dikehendaki. Misalnya penipuan yang dilakukan oleh partner usahamu sendiri dan sebagainya.

5. Pilih partner yang kamu hormati

Jangan pernah memilih orang yang tidak kamu hormati sebagai partner usaha. Ingatlah, tujuan utama mengelola usaha dengan sistem partnership atau kemitraan adalah mencapai kesuksesan sebagai satu tim, yakni kamu dan partnermu. Hal itu takkan bisa kamu raih jika kamu tak menaruh hormat pada partnermu.

Nah teman-teman, selamat memilih partner usaha. Semoga sukses! (ely/foto: digitalewelt.net)

Profile | Contact Us | Advertising | Privacy | Masthead | Terms & Conditions | Q & A
Copyright © 2006-2012 Berani. All rights reserved, BERANI® and the BERANI logo are registered trademarks of PT Anugerah Mitra Dharma Grha. powered by Menaravisi
The names of companies and products mentioned herein may be the registered trademarks or trademarks of their respective owners.